Anggaran Produksi


Pendahuluan 

A. Latar Belakang Masalah 

Di dalam pelaksanaan operasi produksi dari suatu perusahaan, biaya produksi merupakan salah satu variabel yang tidak boleh terlupakan. Terkendalinya biaya produksi ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dari pengendalian produksi secara keseluruhan. Di dalam pelaksanaan proses produksi meskipun seluruh aspek pelaksanaan produksi dapat dikendalikan cukup baik, namun apabila masalah biaya produksi terlupakan, maka pengendalian produksi yang dilaksanakan belum dapat mencapai sasaran dari pengendalian produksi di dalam perusahaan tersebut. Hal ini disebabkan karena biaya produksi belum dapat ditekan serendah mungkin sehingga perusahaan menetapkan harga pokok penjualan yang tinggi. Dalam keadaan demikian, perusahaan akan mengaami kesulitan di dalam melaksanakan pemasaran dari produk yang diproduksinya. Kondisi seperti ini akan mengancam kelangsungan hidup perusahaan. Untuk dapat melaksanakan pengendalian produksi dengan baik, maka manajemen pada umumnya akan menggunakan anggaran sebagai alat untuk pengendalian produksi tersebut. Pada dasarnya, anggaran yang dipergunakan di dalam perusahaan-perusahaan pada umumnya akan dipergunakan untuk melakukan pengendalian terhadap seluruh kegiatan yang ada di dalam perusahaan. Berikut akan dijelaskan beberapa bentuk anggaran yang terkait dengan biaya produksi.   

B. Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapatlah diinventarisir mengenai permasalahan-permasalahan dalam pokok pembahasan mengenai Anggaran Produksi dalam Anggaran Perusahaan, diantaranya adalah : 


  • Apakah pengertian dari Anggaran Produksi ? 
  • Apa saja kegunaan dari Anggaran Produksi ? 
  • Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Anggaran Produksi ? 
  • Bagaimana sesungguhnya penyusunan Anggaran Produksi ?   


C. Tujuan Penulisan 

Melihat pentingnya anggaran produksi dalam anggaran perusahaan, maka penulis tidak ragu untuk mengangkat pokok bahasan ini dalam penugasan penulisan makalah yang diberikan oleh Bapak …. Selaku dosen pengampu mata kuliah Anggaran Perusahaan kepada mahasiswa Jurusan IPS semester VII sebagai tugas mandiri. Selain untuk memenuhi tugas mandiri, penulis juga berharap makalah ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat sebagaimana mestinya, yakni dalam memperluas pengetahuan terkait dengan persoalan Anggaran Perusahaan. Penulis menyadari betul keterbatasan isi makalah ini, baik dari segi penulisan maupun informasi-informasi penting di dalamnya. Hal ini tidak lain karena keterbatasan penulis dalam pengetahuan perihal terkait dan keterbatasan sumber bacaan. Oleh karena itu, penulis sangat berharap mendapatkan saran-saran dan input yang dapat memperbaiki kualitas serta menambah kemampuan penulis dalam membuat karya ilmiah dari Bapak selaku dosen pengampu mata kuliah Anggaran Perusahaan. 


Read more: http://www.jebidal.com/#ixzz25PPmbVA7

Copyright © jebidal All Rights Reserved


blog yang isinya bermacam-macam, semoga saja bermanfaat bagi para pengunjung di blog ini

0 Response to "Anggaran Produksi"

Post a Comment